banner
Sep 29, 2020
105 Views
0 0

Obyek Wisata Bersejarah Candi Plaosan Yogyakarta

Written by
banner

Candi Plaosan merupakan salah satu candi diantara banyaknya wisata bersejarah yang ada di Yogyakarta. Apabila Anda belum mengetahui apa saja daya tarik mengenai obyek wisata bersejarah yang satu ini, maka carilah lebih dulu informasi lengkapnya. Candi ini sendiri sudah dibangun sejak abad yang ke-9 dengan tiket masuk yang hanya sekali bayar saja.

Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi lengkap mengenai candi tersebut, maka simak ulasan lebih lanjutnya pada penjelasan di bawah ini

Asal Usul dan Daya Tarik Candi Plaosan

 Candi Plaosan merupakan candi peninggalan pemerintahan Kerajaan Mataram Kuno. Saat itu candi ini diperintah oleh Sri Kahuluan dan Raja Rakai Pikatan. Jika melihat dari sisi keindahannya, Anda tidak perlu membandingkannya lagi dengan candi-candi lainnya yang ada di Yogyakarta.

Konon kisahnya Candi Plaosan ini merupakan bangunan yang menjadi bukti cinta Rakai Pikatan kepada istrinya saat itu yakni Pramudya Wardhani (putri. Jika dilihat dari corak candi yang ada tersebut, Anda akan menjumpai candi yang bercorak Hindu sekaligus Budha. Hal ini tak lain karena Rakai Pikatan yang beragama Hindu serta istrinya yang saat itu beragama Budha.

Candi Plaosan ini memiliki ragam arsitektur serta relief yang unik. Terdapat dua bagian candi yang bisa Anda kunjungi. Yang pertama adalah Plaosan Lor serta Plaosan Kidul. Kedua bagian candi tersebut berada dalam satu kawasan yang sama. Hanya saja keduanya memiliki jarak 20 meter dan berdekatan dengan tempat tanggal warga.

Candi ini sendiri juga tidak jauh letaknya dengan Candi Sewu ataupun Candi Prambanan. Memiliki nama Plaosan karena candi tersebut memang terletak di Dukuh Plaosan. Candi ini sendiri memiliki archa Budha, candi perwara/candi kecil, serta kemuncak stupa.

Berkunjung di obyek wisata ini Anda juga tidak perlu khawatir akan luas wilayahnya. Pasalnya, candi ini memiliki luas sekitar 440 x 270 m. Dengan luas wilayah tersebut Anda juga bisa menikmati relief-relief masing-masing bangunan candi yang ada.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Candi Plaosan dapat Anda kunjungi setiap harinya pada jam 08.00 pagi serta 17.00 sore. Untuk memasuki wisata bersejarah ini sendiri, Anda perlu menyiapkan dana tiket masuk sekitar Rp 5.000 saja. Selain itu, jangan lupa juga untuk menyiapkan biaya parkir seperti wisata pada umumnya.

Biaya parkir tersebut dapat Anda bayarkan sesuai dengan kendaraan yang Anda naiki. Apabila Anda menggunakan sepeda maka biaya parkir sekitar Rp 3.000, sepeda motor Rp 3.000, sementara mobil Rp 5.000.

Lokasi Candi Plaosan Klaten

Bagi Anda yang ingin mengunjungi dan mengetahui secara langsung seperti apa relief dan keindahan candi yang berlokasi di Yogyakarta ini, maka Anda bisa menuju alamatnya secara langsung. Alamat tersebut berada di Jl. Candi Plaosan, Plaosan Lor, Desa Bugisan, Kec. Prambanan, Kab. Klaten Jawa Tengah.

 Lebih tepatnya berjarak sekitar 18 km dari pusat Kota Yoyakarta dan sekitar 24 km dari pusat Kabupaten Klaten. Apabila Anda mengunjunginya dapat menempuh waktu sampai 40 menit saja. Baik itu dari arah Klaten maupun Yogyakarta apabila jalanan lancar.

Spot Foto Instagramable di Candi Plaosan Jogja

Spot Foto Candi Plosan Joga
Spot Foto Instagramable Candi Plaosan Yogyakarta
Article Categories:
Wisata Candi
banner

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *