banner
Oct 12, 2020
103 Views
0 0

Menjelajah ke Mini Hollywood Lewat Wisata Studio Gamplong Yogyakarta

Written by
banner

Wisata Studio Gamplong Yogyakarta merupakan destinasi wisata yang didirikan oleh Pendiri Mustika Ratu yakni Mooryati Soedibyo pada tahun 2017 silam. Awalnya tempat ini memiliki luas lahan hingga 2 hektar. Tujuan dari didirikannya tempat ini yakni sebagai studio atau tempat syuting film Sultan Agung the Untold Story. Lokasi desa yang sangat asri, nyaman dan tenang ini membuat sutradara Hanung Bramantyo meliriknya untuk dijadikan sebagai tempat syuting.

Review wisata Studio Gamplong Yogyakarta

Studi Gamplong terletak di Sleman atau tepatnya di Jalan Gamplong No. 1. Diatas kebun kas dan juga tanah lapang dengan luas wilayah total kisaran 2 hektar, didirikan bangunan replica konstruksi layaknya pada zaman kolonial Belanda.

Karena memang diset apda zaman kolonial Belanda, maka di dalam tempat wisata ini terdapat begitu banyak bangunan klasik abad 16 dan 17. Beberapa bangunan seperti gerbang Keraton Karta Kerajaan Mataram, Pendopo Alit Keraton Karta, Benteng Holandia, spot kawasan Kampung Pecinan, dan spot kawasan Kampung Mataram. Belum lagi beberapa property bangunan Indonesia ala Tempoe Doelu juga sangat menarik dijadikan spot foto.

Konsep klasik yang diusung sukses membuat tempat wisata ini jadi perhatian. Tempat yang luas dengan fasilitas yang lengkap dan suasana yang nyaman menjadi daya tarik dari Studio Gamplong Yogyakarta . Tempat ini juga sering digunakan sebagai lokasi prewedding karena konsep klasik yang sangat kental disini.

 Kawasan ini dulunya memang sengaja dibangun untuk syuting film. Namun setelah proses syuting selesai, Mooryati Soedibyo selaku pendiri Studio Gamplong Yogyakarta menghibahkannya pada Pemkab Sleman. Hingga akhirnya pada Juli 2018 setelah diresmikan oleh Bapak Joko Widodo, tempat ini resmi menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jogja.

 Selain film Sultan Agung, pembuatan film Bumi Manusia juga dilakukan ditempat ini. Film Bumi Manusia yang dibintangi oleh Iqbal Ramadhan sukses mendapat banyak penonton. Alhasil sejak pembuatan film tersebut kawasan ini mulai menyedot banyak wisatawan. Dan karena lokasi ini telah dua kali dijadikan sebagai tempat syuting, maka julukan ‘Mini Hollywood’pun dilekatkan.

Fasilitas

Sama halnya seperti lokasi wisata di tempat lain, wisata Studio Gamplong Yogyakarta juga memiliki beberapa fasilitas yang bisa digunakan para pengunjung. Beberapa fasilitas tersebut antara lain:

  1. Galeri
  2. Toko souvenir
  3. Spot foto yang menarik
  4. Warung makan
  5. Area parkir
  6. Toilet

Harga Tiket

Studio Gamplong buka setiap hari  mulai pukul 08.00—17.00 WIB. Tidak seperti wisata di Yogyakarta lainnya, harga tiket di wisata Studio Gamplong Yogyakarta adalah seikhlasnya. Jadi pengunjung bebas memberikan biaya masuk ke tempat wisata ini. Dengan harga tiket seikhlasnya itupun pengunjung bebas berfoto di berbagai spot wisata. Biaya yang wajib disini yakni biaya untuk parkir baik itu parkir motor atau parkir mobil.

Spot Foto Di Studio Gamplong Yogyakarta

Article Categories:
Wisata Lainnya
banner

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *