9 Lokasi Wisata Pantai di Jogja yang Belum Banyak Orang Tahu

Selain sejarah, pendidikan, dan budaya, Yogyakarta juga dikenal memiliki pesona pantai yang menawan. Selain pantai Parangtritis yang tidak diragukan lagi kemashurannya di jagat pariwisata Indonesia.

Melihat potensi wisata pantai yang cukup banyak diminati, kini banyak bermunculan pantai-pantai baru yang dipromosikan oleh pemerintah daerah dan warganya. Berikut ini 9 pantai indah, masih asri yang sedang menjadi primadona wisata pantai di Yogyakarta.

1. Pantai Timang Jogja

Pantai Timang Jogja

Pantai Timang, foto via ranselwisata.com

Pantai Timang dimanakan demikian karena pantai ini memiliki Pulau Timang yang terlihat dari atas bukit Pantai Timang. Pulau Timang ini ternyata menyimpan dan merupakan sarang lobster.

Nelayan dan penduduk lokal di sini punya cara unik untuk mengambil lobster-lobster di Pulau Timang ini. Masyarakat mengambil lobster di Pulau Timang dengan cara membuat kereta gantung (gondala) yang menghubungkan bukit di Pantai Timang menuju Pulau Timang, penghubungnya menggunakan tali dan dibuat secara manual.

Melihat potensi wisata yang cukup menggiurkan, sekarang gondala tersebut selain digunakan nelayan sebagai sarana mengambil lobster, kini dibuka pula bagi wisatawan yang ingin menyeberang ke Pulau Timang.

Biaya untuk menyeberang ke Pulau Timang dengan menggunakan gondola manual sebesar Rp.100.000,-an. Kamu akan menikmati deburan ombak dari atas gondola, dan kamu akan merasakan sensasi menegangkan.

Akses menuju Pantai Timang ini terbilang sulit di antara pantai-pantai lainnya di Gunungkidul, karena untuk mencapai Pantai Timang ini harus melalui jalan masuk kedalam sekitar 40 menit dan disarankan untuk mobil yang besar.

2. Pantai Watu Kodok Yogyakarta

 Pantai Watu Kodok Yogyakarta

Pantai Watu Kodok, foto via wisataliburan.co.id

Salah satu pantai di Yogyakarta yang keindahannya tak kalah dari pantai-pantai di Pulau Dewata adalah Pantai Watu Kodok, di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjung Sari. Pantai ini dibuka dan dikembangkan oleh masyarakat sekitar sebagai destinasi wisata pada tahun 2009 dengan biaya swadaya masyarakat.

Konon dahulu Pantai Watu Kodok bernama Watu Ndodok alias jongkok. Mengapa dinamakan seperti itu? Ceritanya pada Perang Dunia II tempat ini dijadikan sebagai tempat berkumpulnya para serdadu Belanda dan juga tempat pengungsian masyarakat Gunung Kidul.

Entah sejak kapan namanya berubah menjadi Watu Kodok. Nama Watu Kodok pun diambil karena menurut masyarakat sekitar terdapat sebuah batu yang menyerupai kodok pada bagian barat garis pantai.

Akses pantai ini sudah cukup jelas walau papan petunjuk masuk kawasan tidak terlalu besar namun jalan masuk pantai ini terdapat di jalan raya yang membentang dari Pantai Baron hingga ke Pantai Pulang Syawal.

Kondisi jalan masuk menuju Pantai Watu Kodok masih berupa jalan tanah bercampur batu yang telah di keraskan dengan kontur jalanan berbukit.

3. Pantai Wedi Ombo Jogja

Pantai Wedi Ombo Jogja

Pantai Wedi Ombo, foto via spotunik.com

Pantai Wedi Ombo terletak di Desa Jepitu, sekitar 40 km sebelah tenggara dari Wonosari. Pantai Wedi Ombo diapit teluk yang lebar dengan pasir putih lembut yang menghadap ke laut dan dikelilingi oleh perbukitan kapur.

Suara gelombang pantai dan angin menyegarkan menciptakan suasana santai. Terdapat pula teluk yang dapat dilihat dari atas bukit atau bahkan dari pinggir pantai, kita juga dapat melihat matahari terbenam dengan pemandangannya yang luar biasa. Bagi pengunjung yang hobi memancing, Wedi Ombo adalah pilihan yang tepat.

Setahun sekali di sini juga terdapat upacara nelayan tradisional Ngalangi diadakan di sini. Dalam upacara ini, Ombo orang Wedi mengambil akar pohon yang disebut wawar dari Kedungdowok bukit dan bersama-sama mereka menariknya ke laut untuk digunakan sebagai jaring ikan.

4. Pantai Pulang Sawal atau Pantai Indrayanti Yogjakarta

Pantai Pulang Sawal atau Pantai Indrayanti Yogjakarta

Pantai Pulang Sawal atau Pantai Indrayanti, foto via katalogwisata.com

Pantai Pulang Sawal atau biasa dikenal wisatawan Pantai Indrayanti yang sempat menjadi primadona wisata pantai dengan pemandangannya yang memesona, padahal dulu belum dikenal sama sekali oleh wisatawan.

Spesial dari pantai ini adalah pemandangan dari bukit yang terletak di sebelah kanan pantai. Naiklah ke bukit tersebut dan foto pantai ini dari atas sehingga panorama yang kita dapatkan juga terlihat memesona.

Pantai Indrayanti ini terletak di kawasan Pantai Sundak, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Pantai berpasir putih yang menghampar dari timur hingga barat ini terbilang baru dan indah. Selain indah, kawasan pantai ini cukup bersih, dan terdapat banyak penginapan.

Bagi wisatawan, hal ini harap menjadi perhatian, karena kawasan pantai ini dilarang buang sampah sembarangan, karena pengelola pantai siap mengenakan denda pada setiap pengunjung apabila ketahuan membuang sampah sembarangan.

Pengunjung dapat beristirahat di gazebo yang ada di tepi pantai sembari menikmati hidangan makanan ditemani minuman dingin yang menyejukkan.

5. Pantai Baron Jogja

Pantai Baron Yogjakarta

Pantai Baron, foto via wisataterbaru.com

Pantai Baron sebenarnya merupakan muara dari sungai bawah tanah yang muncul persis di tepi pantai dan menarik untuk melihat dari tebing di atas. Pantai Baron adalah pantai pertama yang ditemukan di persimpangan Baron, Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal dan Sundak.

Terletak 60 Km sebelah tenggara Yogyakarta, berjajar dengan pohon kelapa hijau subur, Pantai Baron memiliki laguna yang dilindungi, aman untuk berenang, dengan bukit-bukit berbatu di setiap sisi. Di sini kita juga bisa melihat deretan kapal nelayan yang berjajar rapi dan uniknya kapal ini berwarna biru.

Sekitar 10 km sebelah barat dari Pantai Baron Parang Racuk, di pegunungan Gunungkidul ada juga terlihat bukit yang memiliki pemandangan Pantai Baron dan daerah sekitarnya.

Setiap bulan Suro (bulan pertama kalender Jawa), masyarakat nelayan mengaturkan sebuah labuhan, upacara persembahan laut untuk mengucapkan terima kasih kepada Tuhan atas panen ikan yang melimpah dan untuk keselamatan dan kesejahteraan nelayan.

6. Pantai Ngrenehan Yogjakarta

Pantai Ngrenehan Jogja

Pantai Ngrenehan, foto via wisatateridah.net

Pantai Ngrenehan terletak di Desa Kanigoro, Saptosari – Gunung Kidul, sekitar 30 km tenggara kota Wonosari. Pantai ini dijaga oleh bukit kapur dan panorama menakjubkan menerjang ke pantai pasir putih.

Pengunjung dapat melihat kegiatan sehari-hari para nelayan dan dapat membeli ikan segar, kemudian meminta digorengkan di warung dan siap untuk makan. Sekitar 1 km sebelah barat dari pantai ini terdapat pantai Ngobaran dan pantai Nguyahan.

Special dari Pantai Ngerenehan yaitu terdapat ada tempat sembahyang umat hindu diatas bukit pantai pantai Ngerenehan dan setiap bulan saat bulan purnama, umat Hindu melakukan upacara Melasti di pantai Ngobaran.

7. Pantai Pok Tunggal Jogjakarta

Pantai Baron Jogja

Pantai Baron, foto via pinterest.com

Pantai ini juga memiliki pesona yang tidak kalah memikat, dengan pasir putih kecoklatan serta air laut yang bersih dan jernih. Ciri khas dari Pantai Pok Tunggal adalah keberadaan pohon duras yang seolah menjadi ikon pantai.

Sama seperti Pantai Indrayanti, pantai ini awalnya juga sangat sepi dan hanya dikunjungi oleh mereka yang ingin kemping atau menikmati pemandangan sunset.

Pantai Pok Tungal merupakan salah satu tempat wisata terbaik di Jogja untuk menikmati pemandangan matahari tenggelam. Pantai ini juga merupakan tempat yang asik untuk kemping ceria bersama teman. Deretan payung warna-warna juga akan banyak kita temui di Pantai Pok Tunggal.

8. Pantai Krakal

Pantai Krakal Jogja

Pantai Krakal, foto via yogya-backpacker.com

Pantai Krakal terletak sekitar 63 km sebelah tenggara dari Jogja, melewati Wonosari dan selama perjalanan berliku baik beraspal dan jalan pegunungan.

Sekitar 7 km ke timur dari jalan utama di mana itu bercabang ke pantai Baron, kita bisa melihat bukit kapur dengan batu bertingkat tingkat, disini kita bisa menyaksikan pemandangan yang mempesona.

Ada teluk yang bisa digunakan untuk berenang di pantai Krakal dan beberapa teluk ini Terletak 1 km sebelah timur dari Baron, Kukup juga memiliki pantai pasir putih yang indah serta banyak jenis ikan yang tidak terlihat di daerah lain.

Pengunjung dapat membeli atau mencoba untuk menangkap ikan di pantai, atau hanya menikmati kehidupan laut yang indah dan yang tidak kalah menariknya Ketika air lautnya surut, pengunjung bisa menikmati dan melihat taman laut yang indah dengan warna-warni karang dan kehidupan laut ditepi pantai.

9. Pantai Kukup

Pantai Kukup Yogjakarta

Pantai Kukup, foto via pegipegi.com

Pantai Kukup merupakan salah satu pantai yang lokasinya relatif dekat. Setidaknya, jika dibandingkan dengan Wediombo.

Lokasi pantai ini tidak terlalu jauh dari dua pantai lain yang juga cukup terkenal di Gunungkidul yakni Pantai Baron dan Pantai Krakal. Pantai Kukup juga memiliki pasir berwarna putih cenderung coklat. Batu-batu karang berukuran besar juga akan banyak kita temukan di sekitar pantai

Ada sebuah pulau karang di sekitar pantai ini yang diatasnya terdapat sebuah bangunan seperti gazebo. Pulau karang ini dikenal dengan nama Jumino. Sebuah jembatan yang menghubungkan pulau tersebut dengan tebing karang mengingkatkan kita dengan Tanah Lot di Pulau Dewata Bali. Bedanya, di pulau karang tersebut tidak ada pura.

One Response

  1. lian nudin

Reply