9 Pesona Wisata Alam di Bantul, D.I. Yogyakarta

Ngomongin jogja ga lengkap kalo ga ngungkap kabupaten satu ini. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan kota Yogyakarta bagian selatan. Tamansarinya jogja, suasana pedesaan nan asri lengkap dengan budaya khas jogja ada di sini. Kabupaten yang diberkahi pemandangan alam yang indah serta berbagai macam kebudayaan yang sangat menarik untuk dinikmati.

Satu tempat wisata yang sering banget di beritakan dari Kabupaten Bantul ini adalah wisata Pantai Parangtritis. Tetapi siapa sangka ternyata gak cuma Parangtritis yang bisa buat kamu nyaman di sini. Banyak tempat wisata yang belum diberitakan media, dan tentu masih asri khas Bantul. Ini dia 9 wisata yang masih asri di Kabupaten Bantul.

1. Pantai Parangkusumo Bantul

Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo, foto via spotunik.com

Seperti yang sudah dilansir di atas, Bantul memang terkenal dengan wisata Pantai Parangtritis yang sarat akan legenda Ratu Nyi Roro Kidul. Nah, buat kamu yang anti-mainstream boleh nih coba main ke Pantai Parangkusumo yang lokasinya tidak jauh dengan Pantai Parangtritis.

Pantai Parangkusumo sangat indah dan menarik. Selain karena keindahan pemandangannya, Pantai Parangkusumo juga diminati karena faktor mistisnya.

Nah loh, gak jauh beda kan dengan Parangtritis? Di Pantai Parangkusumo terdapat sebuah bangunan yang diberi nama Cepuri. Di dalam Cepuri terdapat dua buah batu yang diberi nama Batu Cinta, Konon katanya di atas batu ini pernah dilakukan pertemuan antara Panembahan Senopati, Raja Kerajaan Mataram yang pertama dengan Ratu Kidul Penguasa Pantai Selatan.

Dalam pertemuan itu disepakati bahwa Ratu Kidul akan membantu Mataram untuk menjadikannya kerajaan yang disegani di Tanah jawa.

Oleh karena itu banyak yang menjadikan Pantai Parangkusumo ini sebagai tempat untuk bermeditasi, bersemedi, melakukan ritual khusus untuk mencapai tujuan tertentu. Yap, tetap luruskan niatnya ya kalo mau datang ke sini.

2. Pemandian Air Panas Parang Wedang

Pemandian Air Panas Parang Wedang

Pemandian Air Panas Parang Wedang, foto via berkahroda.com

Yogyakarta punya pemandian air panas? Kok bisa? Eits, jangan salah. Di Bantul ada nih pemandian air panas yang cukup unik yaitu Pemandian Air Panas Parang Wedang.

Uniknya pemandian air panas ini karena tidak terdapat di pegunungan seperti kebanyakan pemandian air panas lainnya, Parang Wedang lokasinya dekat dengan pantai kira-kira 5 KM dari bibir pantai. Pemandian Air Panas Parang Wedang berlokasi tidak jauh dari Pantai Parangtritis.

Di pemandian ini sudah dibangun kolam penampungan berukuran 9 x 8 m dan beberapa kamar mandi air hangat untuk para pengunjung.

3. Menikmati Sunset Pantai Samas Bantul DIY

Menikmati Sunset Pantai Samas Bantul DIY

Pantai Samas, foto via twitter.com

Selain Parangtritis, Parangkusumo, Bantul juga memiliki tempat wisata pantai lainnya yaitu Pantai Samas. Lokasi Pantai Samas berjarak 25 km ke arah selatan Kota Yogyakarta, tepatnya di Kecamatan Sanden Kabupaten Bantul Yogyakarta.

Di Pantai Samas kamu dapat melihat mercusuar yang digunakan sebagai navigasi bagi para nelayan, nah jika beruntung bisa juga tuh naik ke mercusuar dan kamu bisa menikmati pemandangan laut dari ketinggian.

4. Wisata Religi di Goa Selarong Bantul

Wisata Religi di Goa Selarong Bantul

Goa Selarong, foto via initempatwisata.com

Goa Selarong merupakan salah satu tempat wisata religi di Bantul yang sangat bersejarah. Konon ceritanya, dahulu Goa Selarong ini sering digunakan Pangeran Diponegoro untuk menyendiri, dan digunakan sebagai markas perang gerilya melawan Hindia Belanda.

Goa Selarong berlokasi di Dukuh Kembangputihan, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul. Kalau kamu ke Jogja tepatnya di Bantul, mampirlah ke sini, karena kamu bisa menikmati dan mengingat kembali sejarah perjuangan Pengeran Diponegoro melawan Belanda.

5. Masjid Kotagede Bantul Jogjakarta

Masjid Kotagede Bantul Jogjakarta

Masjid Kotagede, foto via pusaka-indonesia.com

Wisata lainnya yang dapat kamu jadikan pertimbangan saat kamu ada di Bantul adalah wisata sejarah Masjid Kotagede. Masjid Agung Kotagede memiliki nilai historis yang sangat tinggi. Masjid ini merupakan Masjid tertua di Yogyakarta peninggalan Kerajaan Mataram.

Masjid ini dibangun pertama kali oleh Sultan Agung pada tahun 1640-an. Di Masjid Kotagede ini banyak ditemui benda-benda bersejarah yang berusia ratusan tahun, antara lain bedug yang usianya sudah ratusan tahun, serta tembok berperekat air aren.

6. Eloknya Goa Cerme di Bantul

Eloknya Goa Cerme di Bantul

Goa Cerme, foto via djogjawisata.blogspot.com

Bantul emang “tamansarinya jogja”. Hampir semua tempat wisata di Bantul berupa tempat wisata alam. Nah berikut ini wisata goa yang popular di kalangan wisatawan baik domestic maupun luar negeri. Wisata Goa Cerme memiliki pemandangan berupa stalagtit dan stalagmit yang sangat indah.

Goa ini berada di Dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Goa ini memiliki panjang sekitar 1,5 km yang berujung di Desa Ploso, Giritirto, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

7. Indahnya Pemandangan di Pantai Goa Cemara Bantul

Indahnya Pemandangan di Pantai Goa Cemara Bantul

Pantai Goa Cemara, foto via indonesiana.merahputih.com

Wisata pantai di Bantul selanjutnya yang tengah menjadi primadona di kalangan wisatawan yaitu Pantai Goa Cemara. Mengapa dinamakan Goa Cemara?

Karena di pantai ini terdapat banyak pohon cemara yang menutupi pantai, sehingga saat berjalan masuk menuju pantai seakan kita berjalan melewati goa. Lokasi Pantai Goa Cemara terdapat di Desa Patehan, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul.

8. Uji Nyali di Jembatan Gantung Siluk

Uji Nyali di Jembatan Gantung Siluk

Jembatan Gantung Siluk, foto via destinasijogja.wordpress.com

Jembatan Gantung Siluk merupakan jembatan komersial yang sebenarnya hanya digunakan untuk mempermudah akses masyarakat yang ingin menuju desa Selopamioro dan Sriharjo, karena kedua desa ini dipisahkan oleh sungai Oyo.

Namun, karena keindahan panorama dan sejuknya lokasi yang diapit dua bukit membuat wisatawan berminat untuk mengunjungi jembatan ini untuk sekedar berfoto dan bersenda gurau di lapangan kecil yang ada di samping jembatan. Asik banget buat bermain keluarga.

Ukuran jembatannya tidak terlalu besar mungkin hanya muat untuk dua orang saja untuk berjalan kaki, dan satu sepeda motor. Jembatan ini disebut juga dengan Jembatan Selopamioro.

9. Wisata Alam di Hutan Pinus Mangunan Bantul

Wisata Alam di Hutan Pinus Mangunan Bantul

Hutan Pinus Mangunan, foto via instagram.com

Waktu terbaik untuk mengunjungi hutan pinus ini adalah pada pagi hari. Selain dapat merasakan hawa sejuk, ketika pagi hari pemandangan alam yang ada di sana sangatlah memukau dan indah. Keindahan dan keunikan hutan pinus ini menjadi tempat hunting foto menarik di Jogja paling populer.

Tak hanya digunakan untuk hunting foto, bahkan brand terkenal dan beberapa stasiun televisi menjadikan hutan pinus ini sebagai lokasi syuting. Selain itu hutan pinus ini memiliki panggung yang dapat dijadikan tempat pentas rombongan wisatawan.

Reply