37 Tempat Wisata di Jogja, Kerennya Kebangetan (Bikin Kangen)

Kota Jogja memiliki banyak potensi pariwisata. Banyak sekali pilihan tempat wisata di Jogja yang dapat dikunjungi. Mulai dari tempat wisata alam, pantai, kuliner dan budaya. Selain itu setiap sudut kota Jogja menawarkan sisi romantis yang sulit untuk dilupakan.

Daerah istimewa Yogyakarta memang mempunyai segudang tempat wisata dengan berbagai pesonanya. Kamu bisa menjelajahi berbagai tempat wisata khas Kota Pelajar. Mulai dari wisata budaya, tempat belanja, wisata kuliner serta wisata alam dan pantai yang menawarkan keindahan alam Jogja.

Tempat Wisata di Jogja ini Bisa Kamu Jadikan Tempat Menghabiskan Waktu Liburan

Bila waktu libur sudah tiba waktunya membuat rencana untuk menjelajah berbagai obyek wisata. Bagi kamu yang ingin berlibur di kota Jogja mungkin tiga puluh tujuh pilihan lokasi di Jogja berikut bisa kamu jadikan acuan untuk merencanakan liburan ke kota pelajar ini.

Tempat Wisata Alam di Jogja

Hutan Pinus Mangunan

Tempat Wisata di Jogja Hutan Pinus Imogiri Bantul

reservasi.com

Deretan pohon pinus yang tumbuh subur menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan. Kawasan wisata ini juga sering digunakan untuk pembuatan film, lho. Meskipun banyak juga dari pengunjung yang merupakan pencinta fotografi amatir.

Tempat ini juga tak luput dari pasangan-pasangan calon pengantin yang ingin membuat foto prewedding. Bagi kamu yang butuh melegakan pikiran, pemandangan hutan pinus ini bisa menjadi solusi.

Gunung Ireng Gunungkidul

tempat wisata di jogja gunung ireng

marikitadolan.wordpress.com

Jika kamu yang ingin menyaksikan pemandangan matahari terbit di daerah Gunungkidul, maka bukit di Gunung Ireng adalah pilihan yang tepat. Begitu tiba di puncak bukit, pengunjung langsung disajikan pemandangan perbukitan kapur, petak-petak sawah hijau dan juga kabut tipis yang nampak seperti kapas disekelilingnya.

Gunung Merapi

Wisata Jogja, Puncak Gunung Merapi

galamedianews.com

Bagi para pendaki gunung, Gunung Merapi menjadi salah satu tujuan pendakian wajib ketika berada di Jogja. Para pendaki dapat menikmati keindahan proses terbitnya sang mentari dari gunung api yang paling aktif di Indonesia.
Di sini juga tersedia jasa porter dan guide. Untuk tarif jasa porter berkisar Rp125.000,00 sedangkan untuk jasa guide Rp300.000,00.

Air Terjun Lepo

Serunya Bermain di Wisata Air Terjun Lepo Yogyakarta

merahputih.com

Nama Lepo merupakan kependekan dari Ledok Pokoh yang mempunyai arti lembah. Di tempat ini kamu bisa berwisata air dengan harga tiket masuk sumbangan tanpa penentuan nominal tertentu.

Air terjun Lepo memiliki tiga buah air terjun dan empat kolam alami. Baik air terjun maupun kolam, semua bisa digunakan untuk berenang oleh pengunjung.

Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo

Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo

yukpiknik.com

Tempat wisata di Jogja selanjutnya berlokasi di Perbukitan Menoreh, Kulon Progo. Wisata alam satu ini menawarkan hamparan kebun teh. Udara dingin khas pegunungan dan kabut tipis akan menyambut kamu dipagi hari. Kamu bisa melakukan trekking, offroad ataupun sekedar menikmati pemandangn untuk melepaskan penat.

Citra Elo Jogja

Wisata Alam Citra Elo Jogja

family-travelog.com

Wisata alam yang satu ini menawarkan sensasi wisata sambil bertualang. Berbagai kegiatan seperti; arung jeram, outdoor games (airsoft games, paintball, flying fox) sampai management trainning bisa dilakukan disini.

Dilengkapi juga dengan restoran riverside yang membuat wisata kamu semakin komplet. Dengan segala fasilitas yang ada, tempat ini cocok untuk kamu kunjungi bersama keluarga, teman-teman, atau mungkin untuk gathering kantor.

Kedung Pedut

Kedung Pedut, Segarnya Bermain Air di Water Park Alami

njogja.co.id

Jangan berharap menemukan papan seluncur atau wahana air seperti di water park pada umumnya, ya. Water park alami ini terdiri dari aliran sungai dan kolam-kolam. Batu-batu yang bertumpuk dipadupadankan dengan batang-batang bambu yang tersusun apik, menjadikan Kedung Pedut lokasi wisata air yang tidak kalah seru.

Puncak Becici

Puncak Becici Jogja

@yanniraspberry

Nah, tempat wisata di Jogja yang satu ini sudah kadung moncer di berbegai sosial media. Walau letaknya tersembunyi diantara deretan tanaman pinus, Puncak Becici mampu menyuguhkan indahnya langit senja yang begitu memesona. Bintang-bintang imitasi pun akan muncul menghiasi bidang-bidang gelap saat malam tiba.

Puncak Kosakora

Tempa Wisata Jogja Puncak Kosakora

muslimah.co.id

Anak-anak muda rela melewati batuan yang curam untuk mencapai puncak demi mendapatkan tempat selfie terbaik disini. Dengan panorama pantai yang sangat menawan dari ketinggian, tentunya tempat ini layak untuk kamu kunjungi.

Gunung Gambar

Wisata Jogja Gunung Gambar

rantinghijau.wordpress.com

Bagi para pemburu fajar maupun penikmat senja, tempat wisata berletak di Baturagung ini sudah sepantasnya didatangi. Karena selain sarat akan jejak sejarah, Gunung Gambar menawarkan pesona mentari yang indah di batas cakrawala.

Tempat Wisata Pantai di Jogja

Pantai Parangtritis Jogja

Pantai Parangtritis Jogja

anekatempatwisata.com

Pantai paling terkenal di Jogja ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi pengunjungnya. Dengan legenda Ratu Kidul yang dipercaya sebagai penguasa Laut Selatan, Pantai Parangtritis memiliki pemandangan sunset yang romantis.

Berbagai kegiatan bisa dilakukan di sini. Kamu bisa menyewa ATV (All-Terrain Vehicle) yaitu motor beroda empat untuk menyusuri pantai. Atau mungkin bendi, kereta kuda beroda dua. Bahkan sekadar bermain layang-layang bersama keluarga juga tidak kalah menyenangkan.

Belibur ke Kota Yogyakarta rasanya belum lengkap kalau belum mengunjungi Pantai Parangtritis. Tempat wisata di Jogja yang satu ini udah terkenal sebagai salah satu lokasi wosata favorit wisatawan yang berkunjung ke Kota Jogja.

Pantai Depok

Menikmati Pantai Depok Jogja hingga Berburu Ikan Segar

sewamotordijogja.com

Ingin menikmati hidangan ikan segar dan berbagai menu seafood lainnya sambil melihat pemandangan laut? Pantai Depok menjadi pilihan yang tepat. Banyak restoran bernuansa pesisir hadir disini.

Selain terkenal dengan restoran seafood-nya,Pantai Depok juga memiliki gumuk pasir didekatnya. Gumuk atau bukit pasir ini merupakan suatu fenomena tersendiri yang jarang ditemui didaerah tropis. Di kawasan Asia Tenggara, gumuk pasir ini merupakan satu-satunya gumuk yang berada didekat pantai.

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti Yogyakarta

anekatempatwisata.com

Sesungguhnya nama resmi pantai ini adalah Pantai Pulang Syawal, tapi karena Indrayanti lebih populer, maka masyarakat menyebutnya dengan Pantai Indrayanti. Pantai ini menawarkan keindahan pesona pasir putih dan air lautnya yang jernih.

Untuk kamu yang ingin merasakan sensasi dinner romantis dan ditemani dengan taburan bintang di tepi pantai, restoran di pantai Indrayanti bisa menjadi pilihan. Beberapa penginapan berkonsep back to nature juga berdiri kokoh di bawah bukit.

Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal Jogja

jogjakini.wordpress.com

Tempat wisata di Jogja yang satu ini memang belum banyak yang tahu. Selain emang belum populer, perjalanan menuju pantai Pok Tunggal terbilang sulit. Pengunjung harus melewati jalan-jalan sempit, berkelok dan berbatu yang terjal.

Namun, perjalanan melelahkan itu akan terbayar dengan keindahan pantai Pok Tunggal. Banyak yang mengatakan bahwa Pantai Pok Tunggal adalah surga yang tersembunyi. Dengan adanya sebatang pohon yang ikonis, membuat pantai ini semakin menawan.

Di pantai ini, kamu bisa menyewa tenda untuk beristirahat. Bagi yang ingin bermalam di tenda pun diperbolehkan. Di tebing-tebing karang pantai ini masih terdapat kawanan primata liar yang berlompat-lompat dari balik tebing. Hal inilah yang menambah daya tarik Pantai Pok Tunggal.

Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran Jogja

piknikasik.com

Pantai ini memiliki pesona budaya yang menawan. Dengan adanya empat rumah ibadah berbeda yang berdiri berdekatan, menunjukkan terjaganya bentuk multikulturalisme di masyarakat.

Pada sore hari, kamu bisa menjumpai warga sekitar sedang mencari landak laut untuk dijadikan menu santapan makan malam. Menurut penduduk lokal, rasa daging landak laut cukup kenyal dan lezat. Namun, sayangnya tidak banyak yang yang menjual makanan eksotik tersebut.

Pantai Glagah

Pantai Glagah Jogja

prambanantrans.com

Pantai ini adalah pantai yang paling terkenal di Kulon Progo. Sebagai lokasi liburan, pantai ini menawarkan fasilitas wisata yang lengkap. Sambil menikmati pemandangan laguna yang indah, kamu bisa melakukan aktifitas seperti memancing, bersepeda, atau menaiki kano.

Bukan cuma itu, menikmati segarnya buah semangka atau melon yang dijual di perjalanan menuju pantai tentunya mengasyikkan. Tapi jika perut kamu terasa lapar, beberapa warung disekitar yang menjual beraneka olahan ikan menjadi santapan pengganjal perut.

Pantai Siung

Pantai Siung Jogja

sewamotordijogja.com

Dengan banyaknya karang raksasa dan tebing dengan 250 jalur panjatan, rasanya Pantai Siung pantas untuk disebut pantainya para pemanjat. Hal ini membuat Pantai Siung sering dijadikan lokasi untuk ajang panjat tebing. Baik tingkat nasional maupun internasional.

Fasilitas lain adalah adanya ground camp yang bisa untuk mendirikan tenda-tenda untuk melewatkan malam. Sedangkan pada malam hari atau saat pantai sepi pengunjung, ada sekelompok kera berekor panjang yang akan turun dari puncak tebing karang menuju pantai untuk bermain-main.

Pantai Nglambor

Pantai Nglambor Jogja

ngadem.com

Terletak di kawasan pesisir selatan Jogja, pantai ini merupakan salah satu destinasi snorkeling. Dengan indahnya beragam terumbu karang dan biota laut, Pantai Nglambor juga bisa disebut sebagai akuarium semesta.

Pantai Jogan

Pantai Jogan Jogja

mutiaky.blogspot.co.id

Tentunya dengan adanya air terjun di bibir laut merupakan sesuatu yang langka. Ini yang terjadi di Pantai Jogan. Tentunya pantai ini akan memberikan sensasi yang berbeda dari pesisir selatan Jogja.

Pantai Drini

Pantai Drini Jogja

pegipegi.com

Terdapat sebuah pulau karang yang membelah Pantai Drini menjadi dua bagian. Bagaikan manusia yang berkepribadian ganda, di satu sisi terlihat tenang, dan satunya lagi garang. Pantai yang menarik untuk dikunjungi bukan.

Tempat Wisata Kuliner di Jogja

Angkringan Lik Man

Angkringan Lik Man Jogja

eloratour.wordpress.com

Angkringan Lik Man adalah lokasi legendaris dan terkenal di Jogja. Dari pelajar sampai tokoh-tokoh terkenal pernah mampir disini untuk sekadar menikmati makanan dan minuman yang tersedia sambil melewati malam.
Kopi Joss merupakan minuman favorit disini.

Kopi panas yang diberi arang. Berbagai makanan seperti sego kucing berlauk oseng tempe dan sambal teri, gorengan dan jadah bakar (makanan dari ketan) juga ada. Harga makanan dan minuman disini juga tidak akan menguras dompet kamu.

Gudeg Pawon

Gudeg Pawon Jogja

makanmakan.com

Jenis kuliner yang paling populer ini tentu sayang untuk dilewatkan. Sejak puluhan tahun lalu, makanan berbahan baku nangka muda ini selalu hadir hampir di setiap sudut kota Jogja.

Gudeg Pawon sudah berdiri sejak tahun 1958. Tempat makan yang melayani pelanggannya dari dapur ini wajib kamu coba jika sedang wisata kuliner dimalam hari. Dengan ditemani segelas teh manis hangat, menikmati gudeg akan terasa lebih lengkap.

Nasi Goreng Beringharjo

Nasi Goreng Beringharjo Jogja

photobucket.com

Wisata kuliner satu ini bisa kamu temui di Jalan Mataram. Meskipun nasi goreng bisa dengan mudah kamu temukan dimana saja, Nasi Goreng Beringharjo tetap menjadi makanan yang spesial. Tentu ini disebabkan karena rasanya yang tidak berubah dan terjaga dari tahun 1960.

Tidak hanya nasi goreng. Banyak menu lain yang non-halal seperti; bihun goreng, bakmi goreng sampai dengan babi kecap ada disini. Jika tidak cukup dengan satu porsi, kamu bisa langsung memesan dengan ukuran porsi 1,5 atau 2 porsi sekaligus.

Sate Klathak Pak Bari

Sate Klathak Pak Bari Jogja

republika.co.id

Yang unik di sini adalah tusuk sate yang digunakan. Bukan dengan potongan bambu, tapi dengan menggunakan jeruji besi sepeda. Penggunaan jeruji besi dipercaya dapat membuat daging matang dengan merata.

Selain sate, Pak Bari juga menyediakan menu lain seperti tongseng, tengkleng dan juga gulai jeroan. Usaha turun menurun sejak sebelum kemerdekaan ini selalu ramai pembeli. Maka dari itu disarankan datang dan antrilah sejak sore.

Oseng-Oseng Mercon Bu Narti

Oseng-Oseng Mercon Bu Narti Jogja

njogja.co.id

Berlokasi di Jalan KH Ahamad Dalan, perpaduan oseng-oseng super pedas dengan nasi putih panas membuat lidah untuk tidak berhenti bergoyang. Efek super pedas yang dihadirkan melalui oseng-oseng sederhana berisi kikil, gajih, kulit dan tulang muda (orang Jogja biasa menyebutnya koyoran) akan membuat makan malam kamu semakin lezat.

Khusus diakhir pekan, Bu Narti akan melipat gandakan komposisi cabai yang digunakannya. Bila dihari biasa Bu Narti mencampur 50kg koyoran dengan 6kg cabai, maka di akhir pekan bersiaplah untuk rasa yang lebih pedas.

Warung Lotek Teteg

Warung Lotek Teteg Jogja

spotunik.com

Seperti namanya, Warung Lotek Teteg menyediakan menu spesial Lotek dan Gado-gado sebagai sajian utamanya. Dengan porsi besar dan harga terjangkau, Warung Lotek Teteg menjadi destinasi wisata kuliner favorit disebelah timur Stasiun Lempuyangan.

Cobek berdiameter 80cm yang digunakan menjadi ciri khas tersendiri tempat ini untuk membuat bumbu kacang. Dengan rasa yang khas dan tampilan yang lebih pekat dibandingakan lotek lainnya, Warung Lotek Teteg mampu bertahan sejak tahun 1968.

House of Raminten

House of Raminten Jogja

bolehtanya.com

Tempat wisata kuliner yang satu ini memadukan menu tradisional dengan cara penyajian yang elegan dan berkelas. Walaupun menjual masakan tradisional Jogja seperti tahu bola, wedang sereh, cunduk, brongkos, sate lilit dan nasi kucing, tempat ini memiliki arsitektur rumah makan yang luar biasa.

Di luar, kamu akan menemukan sebuah kereta kuda diluar rumah makan. Dan didalamnya, ruangan berarsitektur khas Jawa menghiasi rumah makan. Lengkap dengan wewangian khas dupa. Ditambah lagi dengan adanya kentongan disetiap meja untuk memanggil pelayan.

Nasi Campur Gejayan

Nasi Campur Gejayan Jogja

hennpuspita.blogspot.co.id

Kelaparan di Jogja saat tengah malam? Jangan khawatir. Nasi Campur Gejayan bisa meredakan lapar kamu dengan nikmatnya nasi campur ditambah sambal terinya yang mengundang selera.

Nasi Campur Gejayan memang baru buka saat malam hari di atas jam 9 malam. Tapi jangan salah, meskipun baru buka malam hari kamu harus rela mengantre untuk membelinya.

Rojo Jengkol’s

Rojo Jengkol's Jogja

anishidayah.com

Bagi para pecinta jengkol, jangan sampai melewatkan tempat wisata kuliner di Jogja yang satu ini. Rojo Jengkol’s menyajikan menu jengkol yang berbeda, yaitu jengkol tanpa aroma yang menyengat.

Depot Setiawan

Depot Setiawan Jogja

hijrahheiji.blogspot.co.id

Menu masakan Tionghoa-Indonesia disajikan disini. Menu paling laris disini adalah bakmi goreng dan cap cay sayur dengan porsi jumbo. Uniknya adalah pakaian ala koki yang dikenakan si tukang masak walaupun hanya warung pinggir jalan. Usut punya usut, ternyata si koki adalah mantan tukang masak di restoran.

Tempat Wisata Budaya di Jogja

Sendratari Sugriwa Subali

Sendratari Sugriwa Subali Jogja

vimeocdn.com

Disini kamu akan disuguhkan pertunjukan tari yang diiringi merdunya suara tabuhan gamelan. Legenda Gua Kiskendo diangkat sebagai cerita sendratari kolosal.

Lokasi panggung terbuka dengan latar belakang tebing batu alam ini akan semakin menarik jika disaksikan pada malam hari. Dengan lampu-lampu warna-warni, pertunjukan akan terlihat semakin megah.

Yang perlu diingat adalah jadwal pertunjukannya. Sendratari kolosal ini hanya tampil sekali dalam sebulan. Adapun jadwalnya adalah setiap minggu ketiga.

Keraton Jogja

Wisata Keraton Jogja

loveheaven07.com

Sebagai tempat tinggal raja, Keraton Yogyakarta menjadi pusat dari museum hidup kebudayaan Jawa yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Keraton Yogyakarta menjadi kiblat perkembangan budaya Jawa, sekaligus menjadi penjaga nyala kebudayaan.

Memiliki dua pilihan pintu masuk dengan harga tiket sebesar Rp5.000,00 untuk wisatawan domestik dan Rp15.000,00 untuk wisatawan asing. Yang pertama di Tepas Keprajuritan (depan Alun-alun Utara) dan satu lagi di Tepas Pariwisata (Regol Keben).

Berkunjung ke sini, kamu bisa menyaksikan kegiatan dan perabotan kerajaan Mulai dari koleksi barang-barang Keraton, pertunjukan seni, sampai melihat langsung aktifitas abdi dalem yang sedang melakukan tugasnya bisa kamu dapatkan disini.

Museum Affandi Jogja

Museum Affandi Jogja

museumjogja.org

Sepanjang hidupnya, Affandi mengabdikan diri sebagai seorang maestro seni lukis. Karya-karya sang maestro, karya pelukis lain yang ditampungnya, alat transportasi dan rumah hingga sanggarnya, bisa kamu lihat di museum ini.

Komplek Museum Affandi terdiri dari 3 buah galeri. Permulaan tur berawal dari Galeri I sebagai tempat pembelian tiket. Lokasi ini memuat sejumlah lukisan Affandi semasa hidupnya. Galeri I dibuka langsung oleh sang maestro ditahun 1962 dan diresmikan ditahun 1974.

Galeri II berisi karya-karya para pelukis lainnya yang ditampung. Baik pelukis pemula maupun senior. Sedangkan Galeri III lebih multifungsi. Selain sebagai ruang pameran sekaligus sanggar, ruangan lainnya di Galeri III ini berfungsi juga sebagai ruang perawatan dan perbaikan lukisan.

Museum Sonobudoyo Jogja

Museum Sonobudoyo Jogja

besidemyworld.blogspot.co.id

Berada di seberang Alun-alun Utara Yogyakarta, Museum Sonobudoyo menghadirkan beragam koleksi kerisnya dari penjuru nusantara.

Sekitar 1200-an keris bisa kamu lihat dengan membayar tiket masuk Rp2.500,00 untuk anak, Rp3.000,00 untuk dewasa, dan Rp5.000,00 untuk turis asing.

Tidak hanya keris dan berasal dari Pulau Jawa saja yang ada disini. Senjata tradisional lainnya seperti rencong khas Aceh, mandau dari Kalimantan, dan beberapa keris dari Pulau Madura, Bali bahkan Sulawesi ada disini.

Ramayana Ballet

Ramayana Ballet Jogja

Wikiwand.com

Satu lagi sendratari yang ditampilkan dengan sangat ciamik. Sendratari Ramayana ini menyatukan beraneka kesenian Jawa berupa tari, drama dan musik dalam satu panggung yang memukau.

Kisah Ramayana disuguhkan sesuai dengan pahatan pada Candi Prambanan. Lengkap dengan iringan musik gamelan dan pencahayaan yang disiapkan sedemikian rupa, mampu menggambarkan kejadian dan situasi tertentu didalam cerita.

Dengan memasang tarif mulai dari Rp125.000,00 per pertunjukan, wisata budaya ini hadir di dua tempat. Pertama di Purawisata Yogyakarta dan di Candi Prambanan, tempat cerita asli Ramayana yang terpahat direliefnya.

Pertunjukan Wayang Kulit

Pertunjukan Wayang Kulit Jogja

ragamseni.com

Seni pertunjukan yang satu ini sudah dimulai lebih dari lima abad yang lalu. Dalang yang membawakan cerita tak hanya sendirian dalam menghibur. Irama gamelan yang diiringi oleh pemain musik, serta lantunan merdu suara para sinden takkan membuat mata mengantuk.

Sumber cerita pewayangan berasal dari kitab-kitab tua seperti Ramayana, Mahabharata, Pustaka Raja Purwa dan Purwakanda. Sebuah pagelaran wayang kulit yang berlangsung semalam suntuk dibagi menjadi 3 babak yang memiliki 7 jejeran (adegan) dan 7 adegan perang.

Tempat yang paling sering menggelar pementasan wayang kulit semalam suntuk adalah di Sasono Hinggil yang letaknya di utara Alun-alun Selatan. Biasanya diadakan setiap minggu kedua dan keempat mulai dari pukul 21.00 WIB.

Pertunjukan Gamelan

Pertunjukan Gamelan Jogja

citytourindonesia.com

Orkestra ala Jawa. Mungkin bisa dibilang begitu. Karena gamelan adalah perpaduan dari berbagai alat musik tradisional Jawa. Bunyi gong, kenong, dan alat musik Jawa lainnya bersatu disini.

Gamelan sendiri bisa tampil sebagai sebuah pertunjukan tersendiri ataupun sebagai musik pengiring. Bila tampil sebagai pertunjukan tersendiri, gamelan dipadukan dengan suara para penyanyi Jawa.

Sedangkan bila tampil sebagai pengiring, gamelan bisa kamu saksikan di pertunjukan seperti wayang kulit maupun ketoprak.

Bagaimana? Cukup banyak kan pilihan untuk kamu berwisata ke Jogja. Tempat wisata di Jogja memang tidak akan bikin kamu ‘mati gaya’. Malah, dijamin kamu bakalan kangen ingin kembali ke Jogja.

Reply