9 Kegiatan Liburan di Yogyakarta Rekomendasi Orang Asli Jogja

Yogyakarta, terkenal sebagai surga wisata di Pulau Jawa. Siapa yang tidak ingin menghabiskan liburan ke Jogja? Tapi masih saja banyak orang yang bingung dengan kegiatan liburan di Jogja yang menarik.

Ini karena Jogja memiliki banyak tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Bukan cuma itu, Jogja juga menawarkan aneka kegiatan liburan yang pastinya menyenangkan untuk kamu lakukan bersama keluarga ataupun sahabat.

Kegiatan Liburan Seru yang Wajib Dilakukan Saat di Jogja

Selalu ada cara yang bisa dilakukan agar liburan bersama keluarga terasa semakin menyenangkan. Kota Jogja salah satu destinasi wisata favorit untuk melepas penat dari rutinitas harian yang membosankan.

Kota Jogja menawarkan berbagai kegiatan wisata yang jarang ditemukan di kota lain. Ada beberapa tempat wisata yang sayang banget dilewatkan. Penasaran? Yuk, simak ulasan 9 kegiatan liburan berikut ini.

Mengunjungi Tempat-Tempat Bersejarah di Jogja

Tempat-Tempat Bersejarah di Jogja

flickr.com/photos/qefy/

Ada beberapa candi di Yogyakarta, tapi yang terpopuler adalah Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Candi Borobudur sebenarnya terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Namun karena letaknya tidak jauh dari Kota Jogja, wisata ke candi ini seringkali dimasukkan dalam paket wisata Jogja.

Candi peninggalan Dinasti Syailendra ini adalah candi Budha. Relief candi ini bercerita tentang perjalanan dan ajaran Budha Gautama.

Sedangkan Candi Prambanan adalah candi Hindu yang dibangun sebagai persembahan kepada tiga dewa utama Hindu. Di kompleks Candi Prambanan juga digelar Sendratari Ramayana. Selain kedua candi tersebut, Jogja juga memiliki situs candi yang lain seperti Candi Mendut dan Candi Ratu Boko.

Tempat bersejarah lain yang utama dan harus kamu kunjungi jika liburan ke Jogja adalah Keraton Yogyakarta. Kamu bisa mengetahui bagaimana Kesultanan Yogyakarta berdiri dan bagaimana silsilah raja-raja Yogyakarta hingga hari ini. Kamu juga bisa mengetahui bagaimana kehidupan di dalam keraton.

Jangan lewatkan juga untuk mengunjungi Monumen Jogja Kembali. Monumen berbentuk tumpeng ini di dalamnya terdapat diorama berbentuk patung yang menceritakan bagaimana pasukan pejuang Indonesia merebut Jogja kembali dari Belanda dalam perjuangan selama enam jam.

Menyusuri Keindahan Deretan Pantai Jogja

Menyusuri Keindahan Deretan Pantai Jogja

jogjaasik.com

Jogja juga terkenal dengan deretan pantainya yang menawan, kurang lebih ada 22 pantai jumlahnya. Dari semua pantai itu, Pantai Parangtritis yang paling terkenal. Kamu bisa menikmati sunset yang indah di hamparan pasir pantai yang luas.

Masih satu garis pantai dengan Parangtritis, Jogja juga memiliki deretan pantai di Gunung Kidul yang tak kalah eksotis. Baca ; 9 Lokasi Wisata Pantai di Jogja yang Belum Banyak Orang Tahu

Menjelajah Pegunungan Jogja

Pegunungan di Jogja

eibidiei.wordpress.com

Destinasi wisata yang juga tak luput dikunjungi para wisatawan kala liburan ke Jogja adalah daerah pegunungan Jogja. Paling terkenal adalah kawasan Kaliurang yang terletak kaki gunung Merapi.

Naik lagi dari Kaliurang, kamu dapat mengikuti lava tour di lereng Merapi dan melihat daerah bekas muntahan lahar pada erupsi Merapi tahun 2010 lalu. Disana juga telah dibangun Museum Sisa Hartaku yang menjadi peringatan erupsi tersebut.

Selain Gunung Merapi dan Merbabu, Jogja juga memiliki situs gunung api purba bernama Gunung Nglanggeran. Dibanding Merapi, mendaki Nglanggeran jauh lebih mudah. Kamu pun bisa menikmati sunset yang indah dipuncaknya. Baca : 9 Pesona Wisata Alam Kota Jogja

Menikmati Keindahan Jogja di Malam Hari

Menikmati Keindahan Jogja di Malam Hari

bello.id

Jika berlibur ke Jogja, kamu harus coba jelajahi kota ini pada nuansa malam yang sejuk dan nyaman. Ada beberapa spot wisata malam yang layak kamu coba. Salah satunya, Alun-Alun Kidul yang terletak di selatan Keraton Jogja.

Pada malam hari, Alun-Alun Kidul dihidupkan oleh deretan tenda kuliner Jogja, menjadikannya tempat hang out yang nyaman. Kamu juga dapat mencoba mengendarai mobil berhias lampu warna-warni yang hanya dapat berjalan dengan tenaga kayuhan kakimu.

Mengendarai Becak Keliling Jogja

Tempat Wisata di Jogja

cloudinary.com

Becak masih lestari di Jogja. Kamu dapat menggunakannya untuk jalan-jalan keliling Jogja. Sore hari adalah waktu yang pas, saat udara tidak terlalu panas dan cenderung sejuk. Rute yang biasanya ditempuh dengan becak adalah Jalan Malioboro, melintasi Pasar Beringharjo, Kantor Pos Besar Jogja, kemudian kawasan sejarah Titik Nol Jogja.

Belajar Kebudayaan Jawa

Belajar Kebudayaan Jawa

infojogjakarta.com

Keberadaan Keraton Kesultanan Yogyakarta membuat Jogja kental dengan budaya Jawa. Mumpung berkunjung ke Jogja, tak ada salahnya jika kamu ingin mencoba belajar kebudayaan Jawa.

Salah satu destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi untuk tujuan itu adalah museum seni dan budaya Jawa Ullen Sentalu. Museum ini terletak di kawasan wisata Kaliurang.

Belajar Kerajinan Tangan Khas Jogja

Miniatur Becak Khas Jogja

tokominiature.com

Satu hal yang juga menarik kala berkunjung ke suatu tempat adalah kerajinan tangan yang dapat dibawa pulang sebagai souvenir untuk kolega. Nah, Jogja juga menyediakan tempat kursus singkat membuat kerajinan tangan yang dapat langsung kamu bawa pulang hasilnya.

Ada tiga lokasi sentra kerajinan yang dapat kamu kunjungi, yaitu sentra batik di sekitar Taman Sari Keraton, sentra gerabah di desa wisata Kasongan, dan sentra perhiasan perak di Kota Gede. Kamu dapat mencoba kursus disana selama 2 jam hingga seharian penuh, untuk membuat sendiri kerajinan tangan versimu.

Mencicipi Kuliner Asli Jogja

Gudeg Khas Jogja

ariffadlillah.com

Selain kerajinan tangan, yang juga menjadi daya tarik suatu daerah adalah wisata kuliner lokalnya. Jogja pun demikian.

Aneka kuliner lokal khas Jogja bahkan sudah banyak digemari di lingkup nasional bahkan internasional. Gudeg, adalah jawara kuliner Jogja yang banyak dicari para pendatang.

Tidak sulit menemukan warung penyedia gudeg di Jogja. Kamu dapat menemukannya di restoran besar hingga pasar-pasar tradisional. Selain gudeg, oseng mercon, sate klatak, dan es dawet adalah makanan khas Jogja yang banyak diburu wisatawan.

Belanja Oleh-Oleh Khas Jogja

Oleh-oleh Kain Batik Khas Yogyakarta

initempatwisata.com

Last but not the least, selesai liburan ke Jogja, jangan lupa untuk belanja oleh-oleh khas Jogja. Beberapa lokasi dapat kamu kunjungi untuk belanja oleh-oleh khas Jogja, dari mulai kerajinan tangan hingga makanan. Jalan Malioboro, Pasar Beringharjo, Yogyatourium, Pasar Seni Gabusan, Kasongan, dan Kota Gede adalah beberapa lokasi belanja yang menyediakan oleh-oleh khas Jogja.

Nah, menarik bukan? Jadi, tunggu apalagi? Segera booking tiket untuk menikmati asyiknya liburan ke Jogja, dan dapatkan kesan mendalam di kota ini.

One Response

  1. Mas pur

Reply