9 Angkringan Populer di Jogja yang Perlu Kamu Coba

Buat kamu yang udah pernah ke Jogja, harusnya kamu sudah pernah ke angkringan. Angkringan sudah begitu melekat dengan Jogja. Bahkan di kota-kota lain misalnya Purworejo, Kebumen, Cirebon, kita dapat temui angkringan bertuliskan “angkringan jogja”, jogja selalu di bawa kemanapun angkringan pergi. Angkringan dikenal karena keunikan dan kekhasannya.

Uniknya angkringan dijual denga gerobak sederhana beratap terpal plastik di pinggir jalan, kemudian pembeli akan duduk di kursi panjang dengan kaki ‘ngangkring’, itulah mengapa disebut dengan ‘angkringan’. Khasnya angkringan karena warung kecil ini menjual nasi kucing, sate telur puyuh, sate usus, gorengan, dan wedangan.

Nasi kucing ini menjadi menu paling khas dari angkringan, yaitu sekepal nasi dengan secuil oseng tempe atau teri lalu dibungkus daun pisang dan kertas. Dinamakan nasi kucing karena porsinya memang kecil.

Angkringan menjadi tempat yang asyik untuk berdiskusi dengan teman hingga larut malam, angkringan juga tempat makan andalan ketika dompet tinggal menyisakan uang ribuan.

Seiring kepopuleran angkringan, kini menjamur di seluruh plosok Jogja dan dibeberapa kota yang disebutkan tadi, dari angkringan konvensional sampai angkringan modern. Berikut 9 angkringan popular versi tentangjogja.com.

1. Angkringan Jogja Lek Man

01-lek-man
Angkringan Lek Man, foto via padmagz.com

Siapa yang ngga tau angkringan satu ini. Angkringan Lek Man begitu populer di Jogja dengan Kopi Jos sebagai minuman spesialnya, yaitu segelas kopi disajikan panas dengan arang yang masih membara.

Selebihnya angkringan ini memiliki menu makanan yang sama dengan angkringan lain, yaitu nasi kucing, aneka gorengan, sate telur puyuh, sate usus, sate kulit, dan sebagainya.

Lek Man adalah putra dari Mbah Pairo, konon katanya Mbah Pairo adalah pedagang angkringan pertama di Jogja yang telah berjualan sejak tahun 1950-an.

Tidak heran kalau angkringan Lek Man tak pernah sepi pengunjung, baik yang ingin makan atau sekedar nongkrong hingga larut malam. Angkringan Lek Man berlokasi di dekat Stasiun Tugu/Stasiun Yogyakarta.

2. Angkringan Jogja Kang Harjo

02-angkringankangharjo1
Angkringan Kang Harjo, foto via mapia.jogja360.com

Angkringan ini populer karena konsepnya yang semi modern. Berbeda dengan angkringan konvensional yang dijual di pinggir jalan, angkringan Kang Harjo ini dijual di warung 2 lantai dengan konsep ‘sederhana’ pedesaan.

Selain harganya yang tetap murah, angkringan ini istimewa dengan sajian makanan yang super banyak. Angkringan Kang Harjo berlokasi di Wijilan, sebelah timur alun-alun utara.

3. Angkringan Jogja JAC (PENDOPO NDALEM)

03-jac
Angkringa JAC, foto via vanseno.blogspot.com

Angkringan ini termasuk angkringan modern. Angkringan ini dijual di pendopo dilengkapi dengan wifi dan cocok untuk keluarga atau karib kerabat.

Selain tempatnya yang istimewa, angkringan ini juga istimewa karena menyediakan berbagai kuliner tradisonal Jawa misalnya Clorot, Kipo, Semar Mendem, Lupis, dan Jadah Manten. Angkringan Pendopo nDalem buka setiap hari, pkl 18:00 – 23:30 WIB. Lokasi angkringan JAC di Jalan Sompilan No 12, Ngasem, Yogyakarta.

4. Angkringan Jogja KR (PAK JABRIK)

04-kr
Angkringan Pak Jabrik, foto via gudeg.net

Angkringan Pak Jabrik atau yang lebih dikenal dengan Angkringan KR adalah salah satu angkringan paling populer di Jogja. Angkringan ini tak pernah sepi pengunjung apalagi ketika weekend tiba.

Menu di angkringan ini lebih beragam daripada angkringan-angkringan lain. Nasi kucing yang biasanya hanya 2 isian, di angkringan ini ada beberapa macam isian, seperti sambal teri, oseng tempe, oseng ati, oseng jamur, mercon jamur, sambal tomat, dan sebagainya.

Angkringan KR mempunyai tempat yang cukup luas sehingga pengunjung bisa memilih mau makan sambil duduk di kursi gerobak angkringan, kursi taman, atau lesehan.

Angkringan ini sering menjadi tempat berkumpul atau nongkrong hingga tengah malam. Angkringan Pak Jabrik berlokasi di teras kantor Harian Kedaulatan Rakyat, sebelah selatan tugu jogja.

5. Angkringan Jogja PAK JACK

05-angkringan-pak-jack
Angkringan Pak Jack, foto via anekawisata.com

Satu lagi angkringan populer di Jogja, yaitu Angkringan Pak Jack. Letaknya sangat strategis yaitu di Jalan Jend. Sudirman atau di sebelah barat Jembatan Gondolayu membuat angkringan ini menjadi salah satu referensi untuk nongkrong dan duduk bareng. Selain menyediakan aneka nasi kuning, gorengan, dan aneka sate, angkringan Pak Jack juga menyediakan Kopi Jos. Tempatnya yang luas membuat angkringan ini tak pernah sepi pengunjung apalagi ketika malam hari. Ditambah lagi letaknya yang dekat dengan Jembatan Gondolayu menyajikan pemandangan malam Yogyakarta.

6. Angkringan Jogja NGANGGO SUWE (LEK ADI)

06-lek-adi
Angkringan Lek Adi, foto via anishidayah.com

Meskipun menggunakan nama angkringan, tempat ini lebih menyerupai warung makan biasa dan tidak menggunakan gerobak seperti angkringan konvensional lainnya. Hanya saja angkringan ini memiliki menu yang khas denan angkringan pada umumnya seperti, nasi kucing, aneka gorengan, aneka sate, wedang jahe, dan sebagainya.

Angkringan Lek Adi ini berada di daerah Kotagede. Angkringan Lek Adi menyediakan menu diantaranya Nasi Bakar, Tongseng Keong, Wedang Asem Panas, Wedang Asem Jahe, dan sebagainya yang cukup bervariasi. Oleh karenanya, angkringan ini sering dijadikan tempat nongkrong bagi mahasiswa atau tempat “berburu” lauk pauk bagi warga sekitar saat malam hari.

7. Angkringan Jogja KLEBENGAN

07-klebengan
Angkringan Klebengan, foto via imgrum.net

Angkringan Klebengan ramai karena tempatnya yang luas, di selasar GOR Klebengan, Caturtunggal. Hamparan tikar tersedia bagi pengunjung yang ingin bersantai sambil ngobrol, diskusi, atau sekedar melepas penat pasca kepanitiaan di kampus.

Karena angkringan ini letaknya dekat dengan Kampus UGM dan UNY. Angkringan ini terkenal selalu menambahkan kecap manis di gorengan dan lauk yang dihangatkan atau dibakar.

8. Angkringan Jogja PAK SATARI

08-satari
Angkringan Pak Satari, foto via jogjalan.com

Angkringan Pak Satari selalu ramai pengunjung, selain harganya yang super murah, angkringan ini menyajikan menu makanan yang super bervariasi.

Buat kamu yang ingin berkunjung ke angkringan Pak Satari, letaknya lumayan jauh dari pusat kota, tepatnya di Jalan Magelang km 15.

9. Angkringan Jogja SENDANG

09-sendang
Angkringan Sendang, foto via nasirullahsitam.com

Angkringan Sendang termasuk angkringan populer di Jogja. Angkringan ini menyajikan berbagai menu, dari gorengan sampai baceman. Khasnya angkringan Sendang yaitu terdapat tulisan “Sendang” pada bungkus nasi yang dijualnya. Angkringan ini ada di dua tempat, di depan Resto Sendang Ayu (Jalan Solo) dan di dekat STTNas (Jalan Babarsari).

Jadi kalo kamu main ke Jogja, jangan lupa ya buat nyobain salah satu angkringan yang sudah dipaparkan di atas. Atau jikapun tidak sempat karena jauh, carilah angkringan terdekat dari tempat kamu berdiri, dan menikmati khas, serta keramahan Yogyakarta yang akan membuatmu makin cinta Jogja.

Reply